Get your FREE
sample now!
Penyebab Telat Haid pada Remaja dan Cara Mengatasinya

Penyebab Telat Haid pada Remaja dan Cara Mengatasinya

Author 1 Last Updated 07/29/2024 2min

Penyebab Telat Haid pada Remaja dan Cara Mengatasinya

Telat haid merupakan salah satu kondisi umum terjadi bagi setiap wanita. Bahkan, para remaja pun sering mengalaminya. Lalu, apa saja penyebab telat haid yang umum terjadi pada remaja, dan bagaimana cara mengatasi haid tidak teratur? Nah, di artikel ini kami akan coba menjelaskannya secara lengkap.

Penyebab Telat Haid pada Remaja

Ada beberapa penyebab telat haid pada remaja yang umum terjadi pada setiap perempuan. Dengan mengetahuipenyebabnya, maka tidak akan sulit untuk bisa mengatasi, atau mencegahnya. Berikut adalah penjelasannya.

1. Obesitas atau Berat Badan Berlebih

Obesitas atau kelebihan berat badan pada remaja dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, termasuk hormon-hormon yang mengatur siklus menstruasi. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan ovulasi dan akhirnya menyebabkan telat haid.

2. Penurunan Berat Badan Drastis

Penurunan berat badan drastis, terutama jika dilakukan secara tidak sehat atau ekstrem dapat mengganggu fungsi hormon reproduksi. Kurangnya nutrisi dan energi yang cukup untuk tubuh juga dapat menghambat siklus menstruasi normal.

3. Kebiasaan Merokok

Merokok dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi remaja, termasuk siklus menstruasi. Zat-zat kimia dalam rokok dapat mengganggu produksi hormon-hormon yang terlibat dalam regulasi siklus haid, pada akhirnya dapat menyebabkan telat haid atau ketidaknormalan lainnya.

4. Gangguan Tiroid

Gangguan tiroid, baik itu hipotiroidisme (tiroid kurang aktif) atau hipotiroidisme (tiroid terlalu aktif), dapat memengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan gangguan dalam siklus menstruasi dan akhirnya menyebabkan telat haid.

5. Penyakit Kronis

Penyakit kronis seperti diabetes, ginjal, atau kondisi autoimun lainnya juga dapat mempengaruhi penyebab telat haid pada remaja. Kondisi-kondisi ini dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh dan menyebabkan ketidaknormalan dalam siklus menstruasi.

6. Menopause Dini

Meskipun langka, menopause dini atau berhentinya fungsi ovarium sebelum usia 40 tahun juga dapat menyebabkan telat haid pada remaja. Hal ini biasanya disebabkan oleh faktor genetik atau kondisi medis tertentu.

7. Stres

Stres emosional atau fisik dapat mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, termasuk hormon-hormon yang mengatur siklus menstruasi. Stres yang berkepanjangan atau kronis dapat menyebabkan gangguan siklus haid dan menyebabkan telat haid pada remaja.

Cara Mengatasi Telat Haid pada Remaja

Untuk mengatasinya, kamu bisa mengikuti beberapa panduan berikut ini agar haid lancar setiap bulannya.

1. Rutin Berolahraga

Olahraga secara rutin dapat membantu memperbaiki keseimbangan hormon dalam tubuh, sehingga dapat mengatur siklus menstruasi. Aktivitas fisik yang teratur juga dapat membantu mengurangi kelebihan berat badan atau mengontrol berat badan, yang merupakan faktor penting dalam menjaga kesehatan reproduksi remaja.

2. Menjaga Berat Badan

Menjaga berat badan yang sehat dan ideal dapat membantu mengoptimalkan fungsi hormon reproduksi. Ini dapat dilakukan melalui kombinasi antara pola makan sehat dan aktifitas fisik yang cukup.

3. Mengelola Stres dengan Baik

Mengelola stres dengan baik dapat membantu menjaga keseimbangan hormon dan mengurangi kemungkinan telat haid pada remaja. Teknik-teknik seperti meditasi, yoga, atau terapi bicara dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

4. Mengonsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Makanan yang sehat dan bergizi penting untuk menjaga kesehatan reproduksi serta mengatur siklus menstruasi. Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin, mineral, dan nutrisi penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Demikian informasi seputar apa saja yang menjadi penyebab telat haidpada usia remaja. Ketika kamu sedang haid, gunakan pembalut nyaman dan aman pakaiSoftex. Tersedia banyak varian dan ukuran buat temani kamu Hilangin Halangan!

 

Sumber: 

https://www.siloamhospitals.com/en/informasi-siloam/artikel/penyebab-telat-haid
https://www.alodokter.com/cara-mengatasi-telat-haid-pada-remaja-dengan-cepat-dan-mudah

Author 1 Last Updated 07/29/2024 2min

Product Recommendation

Explore the wide variety of Softex products

Softex Comfort Night 36cm 12 pads

Softex Comfort Night, pembalut yang permukaannya selembut kapas dan sudah teruji dermatologi dengan 4.500 lubang penyerap, langsung kering dalam 1 detik untuk #NyamanBintangLima agar nyenyak semalaman.
Ukuran 36 cm.
Isi 12 wing pads.

Softex Natural Cool+ 29 cm 10 pads

Softex Natural Cool+, pembalut ekstra tipis dengan ekstrak daun mint dan daun sirih, memberikan sensasi yang #DinginnyaAlami, efektif untuk cegah lembab dan bau. Softex Natural Cool+ sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 29 cm.
- Isi 10 wing pads.

Softex Daun Sirih Wing 23cm 20 pads

Pembalut dengan ekstrak alami daun sirih, mampu menghambat pertumbuhan bakteri dan mengurangi bau. Softex Daun Sirih sudah teruji Hypoallergenic (aman untuk kulit sensitif) dan juga bersertifikasi HALAL.
- Ukuran 23 cm.
- Isi 20 wing pads.
- Cocok untuk regular flow.

Softex Celana Menstruasi Daun Sirih All Size 2 pads

Inovasi TERBARU dan PERTAMA di Indonesia! Softex Celana Menstruasi memberikan perlindungan 360' untuk wanita yang sedang deras-derasnya di hari pertama menstruasi. Membuat tidur lebih nyaman, berolahraga dan Traveling tanpa harus khawatir tembus. No more zombie, Hello sleeping beauty!
- Mengandung Ekstrak Daun Sirih
- Isi 2 pcs.
- Ukuran celana no. 26 - 30

Buy Now is currently disabled. To enable Click here and set the Marketing Cookie Category to Active.